About Us

Sabtu, 27 Mei 2017

10 Langkah Mudah Menurunkan Berat Badan

10 Langkah Mudah Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang merasa ragu saat ada yang berbicara tentang langkah mudah menurunkan berat badan.

Kehilangan berat badan secara drastis menurut kebanyakan dari kita adalah salah satu usaha yang sulit untuk dilakukan.

Perlu tekad kuat, motivasi, dan kerja keras untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan tidak kendur.

Anggapan itu mungkin benar adanya, tapi ada beberapa cara untuk membantumu menghilangkan beberapa kilogram tanpa efek sakit.

Rahasia keberhasilan program penurunan berat badan adalah lakukan perubahan gaya hidup dari hal terkecil. Yaitu kurangi asupan kalori tubuh dan tingkatkan aktivitas fisik Kamu.

Inilah 10 langkah mudah menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap proporsional.

freepik.com
1. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya akan nutrisi, berserat tinggi namun rendah kalori. Jika kamu ingin menghilangkan berat badan dengan mudah, gantilah makanan berkalori tinggi seperti fast food, soda, makanan mengandung santan dan minyak dengan buah dan sayuran.

Namun, jangan membuat kesalahan dengan hanya mengonsumsi buah dan sayur saja, tanpa makanan yang biasanya kamu makan. Hal tersebut hanya akan meningkatkan kalori dan membuat tubuh Kamu semakin berat.

Jadi, makanlah apel atau secangkir jus wortel untuk camilan, bukan kue atau minuman bersoda.

2. Berhenti Minum Minuman Berkadar Tinggi

Maksudnya hindari minuman seperti minuman berkabonasi, jus buah yang mengandung banyak gula sehingga rasanya sangat manis, dan minuman beralkohol. Karena minuman jenis itu justru menambah kalori pada tubuh, secara Kamu tidak sadari.

Bahkan latte yang biasanya Kamu minum pagi hari ternyata mengandung 200 kalori loh. Jadi sebaiknya kurangi kafein dan jika haus, minum air putih saja sebagai gantinya.

3. Buatlah Jurnal Makanan

Buatlah buku catatan kecil tempat Kamu menuliskan semua jenis makanan yang Kamu makan hari itu. Pakai jurnal tersebut untuk membantu Kamu mengontrol asupan kalori pada hari itu. Usahakan tulis tiap hari.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengelola jurnal atau buku catatan makanan cenderung mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Karena secara tidak langsung mereka akan mengontrol asupan gizi yang masuk dalam tubuhnya.

4. Kontrol Porsi Makan

Temukan ukuran porsi yang benar untuk berbagai jenis makanan dan jangan makan terlalu banyak dari asupan gizi yang semestinya. Gunakan piring kecil untuk membantu Kamu mengontrol porsi makanan.

5. Makanlah Secara Perlahan

Butuh waktu sampai 20 menit bagi otak untuk mengetahui bahwa tubuh Kamu sudah kenyang. Jika Kamu makan terlalu cepat, perut Kamu merasa sudah kenyang namun Kamu masih tetap ingin makan.

Simpan garpu/sendok Kamu di ujung gigitan lalu kunyahlah makanan dengan benar. Sekali makanan masuk ke mulut, biasanya perlu 18 kali kunyahan, agar Kamu cepat kenyang. Ini merupakan cara mudah membuatmu tidak banyak makan sehingga berat tubuh bisa turun.

6. Berjalanlah Setiap Hari

Bagi Kamu yang setiap harinya menggunakan kendaraan untuk pergi ke sekolah, kantor, atau suatu tempat. Usahakan sebelum melakukan aktivitas itu, berjalanlah setiap hari untuk membantu membakar kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh. Karena berjalan tiap 15 atau 30 menit setiap harinya tidak akan membuatmu kehilangan banyak waktu.

7. Selalu Aktif Bergerak

Hanya karena kamu menonton televisi bukan berarti kamu tidak bisa membakar lebih banyak kalori loh.

Selama jeda iklan, cobalah lakukan sit-up, peregangan, atau mengangkat barbel ukuran ringan

8. Berjalan atau Bersepeda ke Tujuan Kamu

Bersepeda atau berjalanlah sesekali ke tempat tujuan kamu daripada menggendarai kendaraan bermotor, terutama jika kamu hendak pergi ke beberapa blok dari rumah atau tempat kerjamu.

Keuntungannya Kamu akan menghemat bensin, membantu melindungi lingkungan dari polusi udara, dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat tentunya.

9. Gunakan Tangga

Kiranya menggunakan lift, berjalanlah naik atau turun tangga. Hal itu bisa membantumu membakar banyak kalori.

Selain itu, naik-turun tangga juga bisa memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah kamu. Alih-alih selalu duduk, lakukanlah tugasmu sambil berdiri atau berjalan.

10. Lakukanlah Latihan Kekuatan

Strength training (latihan kekuatan) ialah cara mudah menurunkan berat tubuhmu. Otot yang kamu bangun akan memungkinkan tubuhmu membakar lebih banyak kalori dan lemak bahkan ketika kamu sedang beristirahat.

Langkah mudah menurunkan berat badan ini bisa kamu mulai saat ini juga.

Setelah kamu bergerak aktif dengan baik dan mengatur porsi serta asupan gizimu dengan benar, kamu akan menemukan cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba guys. (dita/berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Translate

Pages