About Us

Minggu, 26 Maret 2017

Semantik Poster (Opini Poster)



Poster di samping, warna background utamanya hitam-putih. Menampilkan objek sebuah mata dengan beberapa kalimat dibawahnya yang menjelaskan arti dari keberadaan mata tersebut dan menghubungkan objek dengan pesan yang terkandung dalam poster. Di bagian bawah tertulis logo dan nama lembaga yang mengeluarkan poster ini.
“Mata” biasanya dikaitkan dengan titik fokus seseorang dalam melihat sesuatu. Dalam poster ini, bagian pupil mata yang berwarna hitam memancarkan sedikit sinar, lensa mata yang  seperti lensa pada kamera, dan iris mata yang penuh dengan warna dan terdapat beberapa peralatan untuk melukis seperti kuas, pensil, cat, sendok, dan lain-lain yang mengelilingi seluruh bagian iris mata. Iris mata memang berfungsi untuk memberi warna pada mata. Konsep dari poster ini adalah membuat seni itu menjadi bagian dari kehidupan manusia, dengan objek sebuah mata, kita sebagai pembaca diajak untuk membuka mata kita terhadap seni apapun agar kehidupan kita lebih beragam.
Dibawah objek mata terdapat kalimat “Life is Better with ART in it Open Your Eyes” artinya “hidup akan lebih baik dengan seni didalamnya, buka matamu”. Mungkin dilihat dari sisi semantik artinya adalah sebuah kehidupan akan lebih menarik, lebih baik, lebih indah dan lebih berwarna jika didalamnya terkandung seni, jadi bukalah lebar-lebar mata kalian untuk melihat seni itu secara mendalam, sehingga mata kalian akan merasakan keindahan seni dan setelah merasakannya, seni itu akan berpengaruh terhadap kehidupan kalian.
Kata “ART” dan warna dalam iris mata yang menampilkan peralatan untuk membuat sebuah karya seni, menjadi fokus utama poster ini. Karena keduanya ada yang memiliki kesamaan dalam warna dan makna. Serta kata “Open Your Eyes” terhubung dengan dua hal tadi. Tapi poster ini lebih memfokuskan terhadap iris mata yang didalamnya terdapat beberapa warna serta gambar peralatan untuk melukis. Artinya dengan hanya melihat mata  itu kita bisa memaknai pesannya, yaitu  “fokuskan pandangan kalian terhadap seni dan rasakan keindahannya sehingga membuat mata kalian memancarkan beragam warna yang cerah”.
Satu hal yang sedikit mengganjal, yaitu kenapa harus digambarkan dengan mata satu. Kita semua mengetahui bahwa “mata satu” merupakan simbol dari dajjal/anti-christ/freemason/zionis. Apakah poster ini bertujuan kearah sana atau tidak, entahlah. Atau mungkin tujuan lain dengan adanya “mata satu’ itu adalah lebih memfokuskan pesan yang akan disampaikan. Dan agar tampilan lebih menarik dan tidak memakan banyak tempat.
Dilihat dari segi pragmatik dan sintatiknya. Tampilan sudah pas dan terlihat cukup menarik, terdapat objek gambar dan teks. Ukuran gambar mata yang cukup besar hampir memenuhi tiga perempat poster, artinya si pembuat lebih dominan terhadap objek gambar sebagai fokusnya. Penempatannya cukup baik, yaitu berada diatas, menambah efek dominan. Tidak banyak menggunakan warna, hanya hitam-putih yang mendominasi dan beberapa warna cerah difokuskan pada gambar mata dan kata “ART”. Tekstur tidak terlalu ditonjolkan mungkin bagian gambar “mata” dan bagian teks berbeda, pada teks tekstur lembut dibalut dengan warna hitam.  Keterpaduan antara gambar, teks, dan warna menghasilkan sebuah makna yang menggambarkan arti dari semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Translate

Pages